Padepokan Pandan Ireng Terbentuk Untuk Merangkul  Semua Kalangan

Loading

Jakarta,.Padepokan Pandan Ireng merupakan wadah semua ormas berkumpul, dimana merasa terpanggil untuk memajukan budaya asli Indonesia. Pengukuhan dan pengesahan Kepengurusan  Dewan Pimpinan Wilayah Yayasan Padepokan Pandan Ireng Provinsi DKI Jakarta masa bhakti tahun 2024-2026 yang dipimpin oleh H. Tjahyadi Kartono (H Gofur) sebagai Ketua pada tanggal 24 februari 2024 dan diserahkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat yaitu Maulana Syarufudin yang akrab dipanggil guru besar, ujar H. Tjahyadi Kartono, yang akrab dipanggil wa haji kepada awak media.

“Dewan Pimpinan Wilayah beserta jajaran mempunyai tekad menjaga dan melestarikan serta berkeinginan untuk mengembangkan, menyatukan keanekaragaman budaya, seni dan beladiri yang ada di Jakarta. Hal ini sesuai amanat yang disampaikan oleh guru besar.

Pandan Ireng adalah sebuah nama dari leluhur buyut Pandan Ireng, dimana dulunya beliau adalah pecinta sekaligus pelaku kebudayaan, kesenian dan beladiri. Yang paling menonjol dalam kegiatan terdahulu adalah seni beladiri pencak silat serta diwariskan secara turun temurun oleh buyut Pandan Ireng kepada keluarga.

Hingga saat ini keturunannya berinisiatif menjadikan Pandan Ireng menjadi wadah untuk menjaga warisan budaya agar terjaga kelestariannya dalam bentuk Padepokan serta diberi nama Padepokan Pandan Ireng”, imbuhnya dengan tegas.

Padepokan Pandan Ireng terbentuk 20 September 2021 dengan  nama Yayasan Padepokan Pandan Ireng

Dengan niat yang kuat sepakat saling mengikat diri dan berkomitmen menjaga dan melestarikan budaya, seni dan beladiri yang menjadi kebanggaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. H. Tjahyadi Kartono selaku ketua mengatakan siap bersinergi dan bekerjasama dengan Pemerintah, swasta maupun elemen masyarakat lainnya. 

Selain itu beliau juga mengatakan DPW Padepokan Pandan Ireng 

DKI Jakarta, mempunyai visi dan misi, yaitu :

VISI : “sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi persaudaraan demi terwujudnya tatanan kehidupan sosial ekonomi, seni budaya dan beladiri di jakarta”. 

MISI: 

1. melestarikan seni dan budaya betawi agar generasi muda mencintai, Khusus nya pencak silat yang menjadi kebanggaan negara Indonesia. 

2. Menjalin kerjasama dengan Pemerintah dki dan swasta untuk Pengembangan dan melahirkan Pesilat yang baik dan handal.

3. meningkatkan rasa kedisplinan, kejujuran dan percaya diri

4. Mengajak generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan positif untuk mewujudkan manusia yang mandiri, tangguh, terampil dan berakhlak mulia untuk masyarakat sekitar.

“Saat ini kami sedang mengajukan audensi kepada bapak Pj. Gubernur dki jakarta hal ini kami lakukan agar kami diakui dan didaftarkan keberadaannya oleh Beliau. Karena beliau adalah orangtua bagi kami dipengurusan yayasan padepokan pandan ireng dki jakarta”, kata wa haji.

Alhamdulillah dengan terbentuk  nya Padepokan Pandan Ireng di dki jakarta di sambut baik oleh berbagai tokoh dan sesepuh masyarakat,bahkan para tokoh tersebut turut serta bergabung . Hanya hitungan sekejab setelah terbentuk nya struktur pengurusan ratusan orang telah tergabung di dalam nya.

Reporter: MELKY SERIGALA

Share dan Like
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
Pikiran Anda tentang artikel ini, Silakan komentar.x
()
x