Anggota DPR RI M.Iqbal Berikan Bantuan Bedah Rumah Sebanyak Lima Buah di Jorong Pinagar

Loading

Pasaman Barat, Suarametropolnews- Masyarakat Jorong Pinaga.Nagari Pinaga.Aua kuniang kabupaten Pasaman Barat. menerima 5 unit bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) Tahun 2023 dari  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang merupakan usulan dari Wakil Ketua Komisi V DPR RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Iqbal, Minggu (13/06/2023).

Muhammad Iqbal merupakan Anggota DPR RI dari Daerah pemilihan (Dapil) II Sumbar, yang meliputi Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasbar, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh. 

Program BSPS merupakan bantuan stimulan yang diberikan pemerintah kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang rumahnya tidak layak huni. Di Dapil Sumbar yang meliputi Kota Pasaman dan Pasaman Barat., program BSPS dibawa oleh Anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) Athari Gauthi Ardi. 

“Bantuan BSPS tersebut merupakan bentuk nyata perhatian pemerintah dalam penyediaan rumah yang layak huni. Sehingga, dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat agar lebih sehat dan aman. Setiap rumah yang memperoleh bantuan program BSPS mendapatkan alokasi untuk peningkatan kualitas rumah sebesar Rp20 juta/unit, yang terdiri dari Rp17,5 juta untuk bahan material dan Rp2,5 juta untuk upah pekerja. Semua dana akan masuk langsung kerekening penerima bantuan, namun tidak bisa diuangkan tetapi hanya bisa mengambil barang di toko bangunan yang ditentukan,” ungkapnya.M.Iqbal.

“Dalam proses BSPS, penerima bantuan akan didampingi langsung oleh tim yang telah ditugaskan. Tim inilah yang akan memantau program ini sampai selesai. Kita juga mengetahui bahwa 63 unit ini masih sedikit dari jumlah yang telah didata petugas, namun kita usahakan bantuan ini berkelanjutan sehingga semua masyarakat yang masuk kategori akan mendapatkan bantuan dari program BSPS,”tambahnya.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, serta mampu meningkatkan kualitas hidup dan berdampak positif bagi kesejahteraan. Bagi yang belum mendapatkan bantuan ini, jangan bersedih karena saya akan selalu berusaha agar masyarakat ekonomi rendah bisa hidup dan menempati rumah layak huni,” tutupnya.

Tidak hanya melalui anggaran Kementerian PUPR,juga berinisiatif agar bantuan ini bisa diterima masyarakat kabupaten Pasaman Barat. Caranya adalah dengan meminta OPD terkait untuk berpartisipasi aktif. Seperti Dinas Perkim LH dan Baznas yang membantu untuk septic tank dan air bersih.

“Untuk kelengkapan lainnya, kita juga menggandeng PLN dan meminta keterlibatannya dalam sambungan listrik. Memang diakui saat ini masih banyak masyarakat yang ekonomi menengah kebawah menempati rumah tidak layak huni, kita akan usahakan berikan bantuan namun semua butuh proses dan bertahap. Untuk tahap awal, mendapatkan 63 unit dan kita akan terus usahakan untuk tahap berikutnya kembali mendapatkan bantuan lagi,” ujarnya.

“Saya berharap program seperti ini akan dapat terus berlanjut guna membantu masyarakat kabupaten Pasaman Barat. Karena memang sudah seharusnya Pemerintah Pusat membantu Pemerintah Daerah terlebih dengan keterbatasan anggaran yang ada di kabupaten pasaman barat” tutupnya

Sementara itu, Salah satu warga yang mendapatkan bantuan rumah tidak layak huni tersebut tuti 45 thn.mengatakan Benar kami telah menerima bantuan tersebut dari anggota DPR RI.Muhammad.Iqbal Kami juga mengucapkan terimakasih banyak kepada anggota DPR RI Muhammad iqbal.SE yang telah membantu kami karna rumah kami tidak layak di huni.Dan sekarang sudah mulai di bangun tutup nya( agus& team)

Share dan Like
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
Pikiran Anda tentang artikel ini, Silakan komentar.x
()
x