Menyambut 1 MUHARAM 1445 H GebyarDesa Cimentang Menteng

Loading

Sagaranten- Suara Metropol News- Pemdes Cimenteng Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi Gelar Acara Gebyar 1 Muharram 1445 Hijriyah. Senin (17/7/2023)

Tahun baru Islam yakni pada 1 Muharram 1445 H/2023 M dilakukan dengan berbagai cara positif oleh masyarakat di sukabumi, Tanggal 1 Muharram 2023 jatuh pada hari Rabu, 19 Juli 2023 berdasarkan kalender Islam Hijriyah dari Kementerian Agama RI. Karena dalam kalender hijriyah pergantian hari dihitung sejak terbenamnya matahari, maka artinya malam Tahun Baru Islam adalah malam tanggal 18 Juli 2023.Tahun baru Islam yakni pada 1 Muharram 1445 H/2023 M dilakukan dengan berbagai cara positif oleh masyarakat, salah satunya di Desa Cimenteng Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi yang memiliki zargon ” Cimenteng Mentereng”.

Kepala Desa Cimenteng Herry Sobar Winara dirinya bersama Pemerintah Desa Cimenteng dan Masyarakat mendukung penuh penyelenggaraan perayaan tahun baru islam 1 Muharram 1445 H/2023 M, dengan menggelar acara “Gebyar 1 Muharram Desa Cimenteng”. Hal ini terselenggara berkat kerjasama semua unsur yang ada di Desa Cimenteng mulai pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama serta banyak pihak lainnya.

” Gebyar 1 Muharram 1445 H/2023 M digelar bersama Pemerintah Desa Cimenteng dan Masyarakat serta kerjasama, semua unsur yang ada di Desa Cimenteng mulai pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama serta banyak pihak lainnya ” Kata Herry

Dijelaskannya kegiatan Gebyar 1 Muharram Desa Cimenteng ini sudah di mulai sejak Hari Minggu 16 Juli 2023 yang rencananya di akhiri dengan acara puncak pada Selasa tanggal 18 Juli 2023. Berbagai kegiatan keagamaan dan lomba islmai telah di gelar yaitu lomba Dai Cilik, Adzan, Menggambar, Membaca Hafalan Quran hingga lomba seni memukul bedug.

” Gebyar 1 Muharram Desa Cimenteng ini sudah di mulai sejak Hari Minggu 16 Juli 2023 hingga 18 Juli 2023. Berbagai kegiatan keagamaan dan lomba islmai telah di gelar yaitu lomba Dai Cilik, Adzan, Menggambar, Membaca Hafalan Quran hingga lomba seni memukul bedug ” Jelasnya

Diungkapkan pula ada beberapa pentas seni bertemakan islami seperti Grup Lawak yang di kenal masyarakat Cimenteng dengan “Hiblador” (Hiburan Lalakon Bodor). Kemudian mengedepankan kearifan lokal dengan kegiatan membawa “Dongdang” Yakni semacam satu bentuk tandu dengan berbagai macam bentuk yang di hias dan berisikan makanan dimana makanan tersebut di bagikan kepada masyarakat yang menghadiri acara 1 Muharram.

” beberapa pentas seni bertemakan islami seperti Grup Lawak yang di kenal masyarakat Cimenteng dengan “Hiblador” (Hiburan Lalakon Bodor), dan tradisi Dongdang ” Ungkapnya

Ditambahknya menjelang pergantian tahun islam 1 Muharram 1445 H/2023 M diadakan pula pawai obor disekitar Desa Cimenteng oleh masyarakat dan ditutup dengan acara puncak Tabligh Akbar.

Reporter Iwan / Aris

Share dan Like
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
Pikiran Anda tentang artikel ini, Silakan komentar.x
()
x