Inovasi Posyantek Nagari Panti Selatan, Open Pengeringan Berbahan Bakar Oli Bekas Wakili Pasaman

Loading

Pasaman. Suarametropolnews.com-
Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, inovasi terbaik pada lomba Posyantek Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.

Hal itu disampaikan Wali Nagari Panti Selatan, Didi Al Amin pada suarametropolnews Sabtu (29/4/2023).

Didi juga menyebutkan, program andalan Posyantek, adalah open pengeringan serba guna salah satunya untuk pengeringan pinang iris.

Menurutnya di Nagari Panti Selatan salah satunya penghasil komoditi pinang, dengan adanya open pengering ini, biaya produksi serta waktu lebih efisien dan harganya lebih tinggi.

Ia mengatakan, pengopenan dengan bahan bakar oli bekas ini hanya memakan waktu 17 jam yang mana sebelumnya dengan waktu 4 – 5 hari.

“Jika cuaca kurang baik, maka resiko pinang akan berjamur dan tentu ini akan menyebabkan produk menjadi rusak dan harga akan turun,”ujarnya

Selanjutnya Didi menjelaskan peluang ini merupakan langkah awal bagi kami, di pemerintahan nagari untuk berupaya lebih mengembangkan kelembagaan Posyantek dan memberikan pembinaan bagi masyarakat.

“Sehingga akan lahir para inovator-inovator nagari yang membantu menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat,” tuturnya

Karena pada prinsipnya penggunaan Teknologi Tepat Guna bukanlah tentang penggunaan teknologi yang canggih atau kekinian, namun lebih tepatnya bagaimana inovasi tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan potensi lokal yang ada.

“Hari ini sebagai bukti bahwa open serbaguna merupakan sebuah alat yang sederhana namun memberikan manfaat yang luar biasa serta sesuai dengan potensi yang ada,” tutupnya. (Ags)

Share dan Like
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
Pikiran Anda tentang artikel ini, Silakan komentar.x
()
x