5 Kota dan Kabupaten Baru Akan Hadir di Banten

Loading

SuaraMetropolNews.com- Tangerang
Banten akan Memiliki 5 Kota dan Kabupaten Baru dari Pemekaran Kota dan Kabupaten di Banten, salah satunya di Lebak dan Pandeglang memang sudah direncanakan sejak tahun 2003,

Namun masih terhambat akibat biaya yang saat ini masih belum terealisi. Walau begitu, pemerintah pusat belum mencabut motarium penghentiaan pemekaran wilayah di Banten. Sebanyak 5 Kotan dan Kabupaten yang akan menjadi daerah otonomi baru di Banten.

  1. Kabupaten Cilangkahan Kabupaten Cilangkahan sudah sejak lama dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Lebak bagian selatan. Bukan tanpa alasan, karena ibukota Lebak berada di Rangkasbitung yang jaraknya begitu jauh, apalagi dari daerah Cibeber. Lebak akan dimekarkan menjadi dua Kabupaten, yaitu Lebak dan Cilangkahan. Ada 10 Kecamatan yang akan masuk ke Cilangkahan, yaitu Kecamatan Cihara, Panggarangan, Malingping, Bayah, Cibebeber, Cilograng, CIjaku, Cigemblong, Banjarsari, dan Wanasalam.

Ibukota Kabupaten Cilangkahan akan berada di Kecamatan Malingping. Di daerah ini memang banyak kecamatan yang jauh ke Rangkasbitung, sehingga masyarakat ini menantikan kehadiran Kabupaten baru tersebut.

  1. Kabupaten Caringin Kabupaten Caringin akan dibentuk dari pemekaran Kabupaten Pandeglang. Terdapat 7 Kecamatan yang ikut serta masuk ke wilayah Caringin, yaitu Kecamatan Labuan, Pagelaran, Sukaresmi, Patia, Cikedal, Carita dan Kecamatan Jiput. Labuan merupakan ibukota dari Kabupaten Caringin
  2. Kabupaten Cibaliung Selain Kabupaten Caringin, Pandeglang juga akan melakukan pemekaran, yaitu Kabupaten Cibaliung. Terdapat delapan Kecamatan yang ikut serta masuk ke wilayah Cibaliung. Yaitu Kecamatan Cibaliung, Sumur, Cimanggung, Cibitung, Cikeusik, Cigeulis, Panimbang dan Sobang. Ibukota berada di Cibaliung.
  3. Kabupaten Tangerang Utara Kabupaten Tangerang utara dimekarkan dari Kabupaten Tangerang, ada 13 Kecamatan yang akan bergabung ke Kabupaten ini, yaitu Kecamatan Kosambi, Teluknaga, Pakuhaji, Sepatan, Sepatan Timur, Mauk, Kemiri, Kronjo, Mekar Baru, Gunung Kaler, Kresek, Sukamulya, dan Kecamatan Sukadiri.
  4. Kota Tangerang Tengah Kota Tangerang Tengah merupakan kota yang nantinya akan dimekarkan dari Kabupaten Tangerang. Ada 5 kecamatan yang akan bergabung ke Kota ini, yaitu Kecamatan Curug, Kelapa Dua, Legok, Pagedangan, dan Kecamatan Ciasuk.

Reporter : Bang Tb
Sumber VIVA.co.id

Share dan Like
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
Pikiran Anda tentang artikel ini, Silakan komentar.x
()
x