Menelusuri Jejaknya Makam Para Waliyullah.Ziarah Makam Keramat Luar Batang Al Habib Husein Bin Abubakar Alaydrus

Loading

Jakarta. Suarametropolnews// Makam keramat luar batang makam nya Al Habib Husein bin Abubakar Alaydrus di bilangan kmpg keramat pasar ikan, Jl Luar Batang V No 10 7, RT 06/ RW 03 Kel Penjaringan Kec penjaringan jakarta Utara. Daerah khusus Jakarta.

Mesjid Jami Keramat Luar Batang juga populer dengan sebutan Mesjid Luar Batang.bangunan bersejarah ini terletak di bilangan Penjaringan Jakarta Utara.Mesjid bersejarah di bangun Habib Husein pada Abad ke 18.Habib Hussein sendiri penentang Kolonial Belanda di kawasan Sunda kelapa,Habib Husein wafat pada tanggal 24 Juni 1756, dalam usia yang relatif masih muda kurang dari empat puluh tahun.

Peziarah hampir setiap harinya tak pernah sepi terlebih lagi di malam Jum’at ramai dikunjungi peziarah dari luar daerah.karena di dalam komplek masjid itu terdapat ruang makam keramat Al- Habib Husein bin Abubakar Alaydrus,dan asistennya keturunan Tionghoa bernama Habib Abdul Kadir, selain memiliki silsilah yang tersambung kepada Baginda Rasulullah Nabi Muhammad Saw. Habib Husein juga merupakan seorang Arab Hadramaut yang hijrah ke tanah Jawa melalui Pelabuhan Sunda kelapa pada tahun 1736

Pemberian nama mesjid ini pun di sesuaikan dengan julukan habib Husein sendiri, yaitu Habib Luar Batang, julukan tersebut di berikan kepadanya kerena konon dahulu ketika Habib Husein meninggal dan hendak dikuburkan di sekitar Tanah Abang, tiba tiba jenazahnya sudah tidak ada didalam “kurung batang”kejadian tersebut sebanyak tiga kali, sehingga pada akhirnya para jamaah kala itu mupakat untuk menamakan dirinya ditempat sekarang ini, keluar dari “kurang batang” Luar Batang

Dan bangunan mesjid sekarang ini menjadi mesjid bersejarah salah satu cagar budaya Pemerintah Provinsi DKJ mesjid ini menghadap ke Pelabuhan Sunda kelapa dengan memiliki 2 aula besar.

Habib Husein meminta para peziarah untuk mengutamakan niat tabaruk saat mendatangi berziarah ke makam ulama besar Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus di Luar Batang Penjaringan Jakarta Utara.

Karomah para waliyullah. merupakan tanda-tanda kebenaran sikap dan tingkah laku yang merupakan anugrah Allah SWT,karena mahabah kedekatan ketakwaannya kecintaannya kepada sang Kholiq.
Rep ( Syahroni )

Share dan Like
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
Pikiran Anda tentang artikel ini, Silakan komentar.x
()
x