Bupati H. Marwan Hamami Sampaikan Empat Hal Untuk Melestarikan SWASEMBADA Lingkungan

Loading

Sukabumi- Suara Metropol News- Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memberikan pengarahan kepada 156 Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mitra Cai Kabupaten Sukabumi di Hall Teratai GISBH Palabuhanratu. Rabu (7/12/22).

Bupati Sukabumi dalam sambutannya mengatakan, pemerintah Kabupaten Sukabumi terus berupaya memberikan dukungan kepada kelompok P3A melalui berbagai hal yang dilakukan, guna memberikan ruang bagi potensi yang dimiliki sehingga dapat memberikan kesejahteraan masyarakat khusus para petani.

“Keberadaan kelompok P3A di Sukabumi ini sangat luar biasa, kebijakan yang membuat perubahan suatu lingkungan ada pada kelompok ini, oleh karena itu Bapak dan Ibu harus bisa mengelola aliran irigasi secara baik dan optimal” Terangnya

Bupati menjelaskan, melalui kegiatan ini P3A mampu menguatkan peran dan fungsinya sesuai kapasitasnya masing-masing, terutama dalam penerapan peran secara penuh melalui pemeliharaan jaringan irigasi tersier serta berpartisipasi pada sistem irigasi primer dan sekunder.

“Jadi pengelolaan sistem irigasi yang didorong pemerintah ini harus dijaga secara baik, terutama dalam menjaga keutuhan lingkungan disekitarnya” Imbuhnya

Menurut Bupati, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk mempertahankan kelestarian swasembada lingkungan, diantaranya melalui perawatan, perbaikan, pencegahan dan pengamanan yang dilakukan secara berkala.

“Bagaimana kondisi swasembada di tahun 2023 Kabupaten Sukabumi aman dan tercukupi, maka peran bapak dan ibu lakukan keempat langkah tadi” Ujarnya

Bupati Marwan berharap, mitra cai Kab. Sukabumi harus bijak dan bersinergi dalam menghadapi persoalan dilapangan untuk membangun kawasan lingkungan secara baik dan optimal.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi Asep Japar menambahkan, P3A ini merupakan suatu wadah para petani untuk saling bertukar pikiran, curah pendapat serta membuat keputusan-keputusan guna memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama.

“Sebanyak 156 mitra cai di Kabupaten Sukabumi dapat memberikan pelayanan kebutuhan petani terutama dalam hal memenuhi kebutuhan irigasi untuk usaha pertanian di masing-masing wilayah” Singkatnya

Dalam kesempatan tersebut secara simbolis dilakukan penyerahan akta notaris P3A.

Reporter Iwan k

Share dan Like
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
Pikiran Anda tentang artikel ini, Silakan komentar.x
()
x